Jumat, 18 Februari 2011

Penggunaan Pesawat Theodolit Dalam Pembelajaran Praktik Ukur Tanah Di Sekolah Menengah Kejuruan Program Studi Keahlian Teknik Bangunan

ABSTRAK

TATA SUKARLAN. Penggunaan Pesawat Theodolit Dalam Pembelajaran Praktik Ukur Tanah Di Sekolah Menengah Kejuruan Program Studi Keahlian Teknik Bangunan.

Sekolah menengah kejuruan adalah tempat dilaksanakannya pembelajaran teori dan praktik dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya pendidikan kejuruan, agar peserta didik memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk memenuhi tuntutan dunia industri. Penggunaan pesawat theodolit dalam pembelajaran praktik ukur tanah diperlukan oleh peserta didik, akan tetapi terdapat permasalahan yang harus dikuasi oleh peserta didik adalah: a) mengenal dan menyetel pesawat theodolit, b) membaca sudut horizontal dan vertikal, c) membaca rambu ukur, d) mengisi daftar ukur dan menghitung hasil pengukuran.

Terdapat tujuan penulisan komprehensip yaitu sebagai berikut: a) untuk mendapatkan pengalaman teori dan praktik yang diperoleh dalam mengikuti program sarjana fakultas teknik sipil, b) pengembangan mata pelajaran ukur tanah sekolah menengah kejuruan program studi teknik bangunan, c) meningkatakn mutu tamatan sekolah mengengah kejuruan program studi teknik bengunan.

Dalam pembahasan masalah, peserta didik diberi penjelasan tentang bagian–bagian pesawat dan cara menyetel pesawat, cara pembacaan sudut horizontal dan vertikal, cara pembacaan rambu ukur, dan cara penghitungan hasil pengukuran.

Dengan demikian, pemberian materi tentang pesawat theodolit sangat perlu dalam menambah keterampilan peserta didik guna memenuhi tuntutan tenaga kerja kelas menengah, melakukan praktik menggunakan pesawat theodolit peserta didik akan mendapat keterampilan membaca sudut horizontal,vertikal, rambu ukur dan menghitung hasil pengukuran. Materi praktik ukur tanah menggunakan pesawat theodolit sebaiknya diberikan kepada peserta didik pada program studi teknik bangunan, dalam pemberian materi paraktik ukur tanah menggunakan pesawat theodolit dapat diberikan berbagai jenis pengukuran guna menambah pembendaharaan keterampilan bagi peserta didik.

0 komentar:

Pengikut