Jumat, 11 Maret 2011

STUDI KOMUNIKASI PADA PERUSAHAAN PENYEDIA JASA KONSTRUKSI

Komunikasi yang efektif merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan perusahaan penyedia jasa konstruksi dalam pelaksanaan proyek. Oleh karena itu bentuk, pola, media dan efektivitas komunikasi yang terjadi dalam perusahaan penyedia jasa konstruksi harus benar-benar diperhatikan. Komunikasi merupakan suatu hal yang subyektif. Untuk mengukur keefektifannya dilakukan penyebaran kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan metode Likert. Hasil analisis efektivitas komunikasi yang dilaksanakan pada perusahaan penyedia jasa konstruksi WAGRO menunjukkan bahwa proses komunikasi yang terjadi adalah efektif. Penggunaan media komunikasi yang tepat mempengaruhi keefektifan proses komunikasi. Banyak media yang dipergunakan dalam perusahaan penyedia jasa konstruksi. Untuk komunikasi intern lapangan (proyek), komunikasi secara lisan merupakan cara komunikasi yang paling efektif. Sedangkan untuk komunikasi kantor dengan pihak luar perusahaan, kombinasi penggunaan telepon, surat, fax, gambar dan lisan merupakan cara komunikasi yang efektif. Dalam hubungan kantor dengan lapangan, telepon memegang peranan yang sangat penting. Komunikasi yang efektif akan mempengaruhi tingkat keberhasilan perusahaan dan tingkat kepuasan karyawan dalam bekerja. Berdasarkan data yang diperoleh, didapat bahwa hubungan efektivitas komunikasi dengan tingkat keberhasilan dan tingkat kepuasan karyawan dalam bekerja adalah berbanding lurus. Komunikasi yang efektif akan membentuk lingkungan kerja yang baik, di mana hubungan antar sesama karyawan dan atasan-bawahan terjalin dengan baik.


 

Keywords:

Handle:File-34597

Author:Metta Prasetya

contributor:A. Anton Soekiman, Ir., MT.

Appears In: 2001

http://library.unpar.ac.id/dscgi/ds.py/ViewProps/File-34597

0 komentar:

Pengikut