Selasa, 15 Februari 2011

Pengukuran Produktivitas Tenaga Kerja Proyek Konstruksi Pada Pekerjaan Beton Dengan Metoda Motion And Time Study

Path: Top » IndonesiaDLN » Institut Teknologi Bandung » JBPTITBSI » S1-Final_Project » Construction_Engineering_and_Management » 1992

Undergraduate Theses from JBPTITBSI / 2005-07-06 12:15:46
Oleh : HENNY SUSANTO & SUSILA CAHYONO, Departemen of Civil Engineering
Dibuat : 2005-07-06, dengan 1 file

Keyword : Motion and Time Study, Produktivitas, Tenaga Kerja, Proyek Konstruksi Gedung, Pekerjaan Beton, Camera Video Recorder.
Subjek : Produktivitas Tenaga Kerja
Kepala Subjek : Construction Management
Nomor Panggil (DDC) : 658.404 SUS

Motion and Time Study merupakan salah satu dari sekian metoda yang sering digunakan dalam pengukuran produktivitas tenaga kerja.
Dalam penelitian ini akan dicoba untuk mengukur produktivitas tenaga kerja proyek konstruksi gedung pada pekerjaan beton dengan menggunakan bantuan alat pencatat data Camera Video Recorder (Camcoders).
Motion Study digunakan untuk mempelajari dan menganalisis metoda kerja untuk selanjutnya memilih rangkaian proses kerja yang paling baik.
Sedangkan Time Study digunakan untuk pengukuran waktu dalam melakukan suatu kegiatan yang selanjutnya ditentukan waktu standar definitif dari suatu kegiatan yang telah terinci standar proses pengerjaannya.
Dari penentuan waktu standar tersebut diukur pula volume kerja yang selanjutnya dapat ditentukan produktivitas tenaga kerja.

0 komentar:

Pengikut