Jumat, 18 Februari 2011

Penggunaan Abu Sekam Padi Dan Kapur Sebagai Bahan Pengganti Sebagian Semen Komposit Pada Pembuatan Paving Block

ABSTRAK

This research do for know function Rice Hulk Ash (RHA) and chalk in five do such as doing A (without RHA and chalk) and doing B, C, D dan E with variation 2,5% ; 5% ; 7,5% dan 10% cement weight for paving block.

    This research used experiment method follow SNI sand test and quality test doing in industrial department material research center DKI Jakarta. To make paving block doing in Harapan Jaya fabrique in M.Kahfi II Ciganjur, Jagakarsa. For composition a paving block is 1 cement : 6 sand.This research doing in April – July 2009.

    Product of the research there is a different to point press test of the paving block in use a substitution RHA and chalk in the procentage 0% ; 2,5% ; 5% ; 7,5% dan 10%.


 

ABSTRAK

Sekarang ini harga semen semakin mahal maka untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, perlu kiranya dicari bahan alternatif yang lebih ekonomis sebagai bahan pengganti semen yang dapat mengurangi jumlah kebutuhan semen pada campuran paving block, namun tetap memenuhi persyaratan baik teknis maupun ekonomis. Melalui penelitian pemanfaatan sumber daya alam, merupakan jalan terbaik untuk mendapatkan bahan alternatif yang dibutuhkan.Pada penelitian ini, digunakan abu sekam padi dan kapur untuk menggantikan sebagian semen pada pembuatan paving block. Penelitian ini dilakukan dalam lima perlakuan, yaitu perlakuan A tanpa abu sekam padi dan kapur, dan perlakuan B, C, D dan E berturut-turut dengan variasi 2,5%, 5%, 7,5% dan 10% terhadap berat semen untuk paving block.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai kuat tekan paving block yang menggunakan abu sekam padi dan kapur dengan presentase 0%, 2,5%, 5%, 7,5% dan 10% berturut-turut sebesar 15,726 MPa,15,667 MPa, 15,522 MPa, 15,205 MPa dan 14,903 MPa.

0 komentar:

Pengikut